Tuesday 2 July 2013

6 Teknologi Baru Untuk Mobil Anda

detail berita
KIA Cadenza 2014 (thetruthaboutcars)
Teknologi yang baik seharusnya tidak merugikan manusia dan lingkungan. Selain itu teknologi seharusnya mampu membuat kualitas hidup manusia menjadi lebih bagus.
Transmisi otomatis memangkas kerja tangan pengendara saat berkendara dan cruise control menjadikan kegiatan menyetir perjalanan panjang lebih mudah.
Berikut adalah teknologi yang meneruskan tradisi tersebut, fitur ini memang tidak ditawarkan di setiap mobil tapi setidaknya bisa menjadi gambaran apa saja teknologi terkini pada mobil yang mungkin bisa jadi mainstream.


Pilot Parkir
Cara kerjanya seperti ini. Parkirkan Audi di tempat parkir khusus, lalu tinggalkan. Pilih area terbuka dengan menggunakan aplikasi ponsel pintar dan biarkan mobil tersebut melakukan sisanya sendiri. Kendaraan akan menggunakan kamera Light Detection and Ranging (LIDAR) untuk parkir otomatis, mobil akan merekam dan melakukan hal kebalikannya saat ingin pergi.
Ford dan Toyota sudah punya aplikasi seperti ini, dan tetap saja kehadiran manusia di ruang kemudi tetap dibutuhkan agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Okezone juga pernah mencoba keunggulan fitur ini di Ford Focus, kesimpulannya parkir hanya bisa di lokasi pararel dan membutuhkan tempat yang relatif besar.



Hot Spot Wi-Fi Dalam Kabin
Manusia jaman sekarang biasanya selalu online di rumah atau saat kerja, bahkan saat sekolah. Sekarang online bisa dimana saja termasuk saat perjalanan menggunakan mobil, memang kebanyakan ponsel sudah bisa melakukannya sendiri tapi versi Wifi lebih baik lagi. Ram 1500 dengan akses Uconnect bisa melakukannya sampai berjarak 45 meter. Paket berisikan modem seluler 3G, koneksi dewa, dan Wi-Fi hotspot untuk banyak gadget.



Ban Tanpa Udara
Faktanya hampir semua pemilik mobil jarang sekali memperhatikan kondisi ban dengan seksama. Hasilnya, ban kempis tidak hanya merugikan biaya tapi juga berbahaya. 2011 lalu Bridgestone Corporation mengatakan tengah mengerjakan konsep ban tanpa udara. Berdesain kisi-kisi, menggunakan bahan resin thermoplastic menjadikannya tahan tusukan ekstrim. Bridgrstone mengatakan tidak akan menggunakannya pada mobil berpenumpang tapi lebih ke kendaraan militer.



Indikator Tekanan Ban

Nissan mengembangkan teknologi yang mampu merawat ban, dinamakan Easy-Fill Tire Alert. Sistem ini bisa melakukan pengecekan terhadap akurasi tekanan ban. Pada saat mengisi ban kendaraan, aplikasi yang diterapkan pada sedan Nissan Altima 2013 ini memberi peringatan apabila udara yang masuh telah mencapai atau melewati batas yang telah ditentukan dengan menggunakan suara klakson.



Lampu Besar Pintar
Mengemudi saat malam hari punya masalah tersendiri, tidak hanya karena kondisi jalan tapi juga kondisi cuaca. Bias lampu besar saat hujan bisa mengurangi visibilitas. Penemu dari Universitas Carnegie Mellon mengembangkan lampu besar dengan menggabungkan sistem kamera, proyektor, dan prosesor basis intel untuk menghilangkan efek tersebut.
Jendela Hydrophobic 
Bagaimana bila hujan kecil dan rintikannya turun di jendela? KIA Cadenza 2014 punya jawabannya dengan menggunakan jendela hydrophobic. Jendela samping Cadenza telah dikondisikan untuk mengusir air dan kondensasinya. KIA membuat jendela hydrophobic satu paket dengan adaptive cruise control dan blind-spot, serta lane-departure warning systems.