Friday 14 June 2013

Utopia : Memilih Mobil Untuk Rally Lintas Boneo



Sudah lama gagasan adanya lintas tengah Pulau Borneo dicetuskan untuk menghubungkan Serawak,Brunei dengan Balikpapan dan Samarinda dengan jalan aspal dan jalan besi/rel kereta api.Jalan tanah telah ada berupa jalan bekas logging yang belum diaspal.Pemirsa kami ajak memilih jenis kendaraan apa yang nyaman dan bisa tembus jalan lintas Borneo yang sebagian berupa gambut dan lumpur 
  KFWDC 4x4 Jamboree 2011 - Ulu Membakut



Jalur ini pernah dicoba untuk kendaraan segala medan dan dibuat seperti jalur Rally -Dakkar dari Serawak menuju Balikpapan, tetapi rupanya  tidak diteruskan lagi karena banyak kendaraan yang tercebur ke sungai , jalan yang licin dan cuaca yang selalu turun hujan dan sebagainya. Borneo sudah dikenal dunia sebagai paru paru Dunia sama dengan hutan Amazon. Mungkinkah semangat rally Internasional diulang lagi di daerah ini untuk menarik kegiatan wisata dunia ?


Kendaraan jeep 4x4 siap menjelajah medan berat di handicap simulasi yang dibuat  di lapangan terbuka. mampukah menembus jalan di hutan tropis yang sebenarnya?


mobil lama yang di upgrade dengan mesin baru.Secara ketinggian ban sudah sesuai dengan medan berat, tetapi apakah suspensinya mendukung ?


mobil ini tahan untuk medan berlumpur di areal gambut setebal 0,3 meter,Bagaimana untuk medan gambut sedalam 1 meter dalam bentangan yang luas?


Mobil dengan tenaga besar bisa menembus halangan medan gurun dan stepa berpasir, apakah bisa menghadapi licinnya jalan dengan tanah jenis podsolik merah kuning di Borneo ?. kekuatan daya mobil saja tidak cukup tetapi "man behind the car" lebih penting.


mobil 4x4 ini nampak ringan dan lincah untuk segala medan


Mobil ringan 4x4 ini sangat seimbang untuk menghadapi lobang lobang jalan licin berlumpur


Mobil double cabin ini apakah cukup tangguh menembus medan hutan tropis Borneo ?


mobil double cabin bersimbol "Superman" ini apakah bisa menjadi "SuperForest" di Borneo ?





mobil 4x4 yang teruji biasa menjelajah medan tempur kering berpasir di Afganistan dan Irak ini apakah masih bisa efektif di medan lahan basah Borneo ?


Mobil Humvee yang sudah tidak diproduksi lagi di Amerika




Truk 4x4 segala medan Mercedes katanya mampu menanjak dengan kemiringan ekstrim


Jeep cukup tangguh di segala medan kering  rally Paris Dakar, bagaimana di medan berlumpur dan bergambut?


Mobil kuno dengan mesin baru tak layak untuk di borneo karena bisa copot bodi nya yang terlalu rendah...


Bagaimana dengan mobil futuristik"Batman" ini, bisakah menembus lintas Borneo dari Serawak ke Samarinda?


Mobil militer dengan kamuflase ini dipastikan hanya bisa ngebut di Jalan kota

sumber gambar dari : Passione per i motori

Mobil mobil penakluk medan ganas sudah siap, kita tunggu sponsor  Acara Internasional untuk menembus BORNEO yang alamnya indah dan menggugah adrenalin ..............salam Eramobila

Stage 1 - Truck/Quad - Stage Summary (Lima Pisco) di Dakar


TRANSAMAZONICA . EXPEDIÇÃO Á LABREA

di Hutan Amazon