Sunday 9 February 2014

"City Car" Listrik dari MIT, USA Mulai Dijual




Mobil kecil yang bernama Hiriko, tubuhnya kecil hanya memuat dua kursi. Saat diparkir, mobil ini bisa dikecilkan menjadi setengah ukuran semula. Tiga mobil Hiriko bisa muat di tempat parkir yang biasanya hanya untuk satu mobil ukuran biasa. Jika mobil kecil biasanya bermasalah dengan kemampuan manuver, tidak demikian dengan Hiriko. Mobil ini dilengkapi kemudi khusus bernama "robot-wheels" yang memungkinkannya berputar 180 derajat pada sumbu aksisnya.
 Kabar baik bagi anda yang kepincut dengan mobil buatan MIT ini karena rencananya mobil ini sudah mulai dijual

Mobil mikro yang irit ruang parkir ,hanya sepertiga ukuran mobil yang biasa
Hiriko bisa berjalan sejauh 120 km dengan sekali isi ulang dan kecepatan maksimumnya mencapai 100 km/ jam. Sesuai dengan rencana sebelumnya, Hiriko akan dijual di kisaran US$ 16.000, atau senilai mobil city car berbahan bakar bensin di Indonesia. lumayan murah untuk sebuah mobil listrik yang bisa digunakan untuk karyawan, kuliah dan ibu rumahtangga di perkotaan karena  hanya muat 2 orang saja.Mobil ini didesain mudah untuk parkir di ruang yang sempit.
  
 
Sebuah komputer dibenamkan di dalamnya, dengan kemampuan mengenali lokasi dan secara otomatis membatasi kecepatannya pada batas yang dilegalkan. Selain itu sistem navigasinya mampu menghentak bagian ban untuk memberi tahu pengemudi arah yang harus ditempuh.

 MIT Media lab shows off urban, electric vehicles


Hiriko folding electric car - full demo



Via :  FoxNews