Thursday 29 December 2011

Mobil bisa Jalan Sendiri di Tahun 2020

img


































General Motors yang memproduksi mobil merek Chevrolet, Buick, Cadillac dan GMC mengatakan akan segera menjual mobil otomatis yang bisa berjalan tanpa pengemudi manusia pada tahun 2020 mendatang.

Pengumuman itu merupakan pernyataan yang berani dari GM, dan ini merupakan sinyal yang jelas dari GM yang ingin menjadi pemimpin 'mobil mandiri' di masa depan.

Wakil Presiden GM untuk Penelitan dan Pengembangan Global Alan Taub memperkirakan bahwa kemajuan teknologi kendaraan yang dapat mandiri saat ini sudah sangat maju dan mendekati kenyataan yang sulit dipercaya.

Di masa depan, 
Taub memprediksi kalau setiap mobil akan mampu berinteraksi satu sama lain dan memiliki sistem komputer yang mampu mengambil alih kemudi dari manusia ketika sang pengendara sedang sibuk terhadap hal lain seperti menelpon, misalnya.

Perangkat radar, sensor, kamera, GPS dan perangkat komunikasi portabel di mobil masa depan akan pula berinteraksi antara satu mobil dengan mobil lain.
"Teknologi yang kami sedang kembangkan akan memberikan tambahan kenyamanan bagi sebagian atau bahkan benar-benar mengambil alih tugas mengemudi," katanya seperti detikOto kutip dari Caradvice.

"Tujuan utama adalah soal keamanan. Sistem keselamatan masa depan akan menghilangkan kecelakaan sama sekali membantu pengendara bahkan sebelum mereka menyadari situasi berbahaya," tambahnya.
Sebelumnya, GM sudah melakukan penelitian terkait teknologi ini sejak 2007 silam dimana Chevrolet Tahoedimodifikasi sedemikian rupa agar mampu berjalan sendiri tanpa awak dari California ke basis Angkatan Laut Amerika yang jaraknya 55 mil.

"Dalam tahun-tahun mendatang, kami percaya industri akan mengalami lompatan dramatis dalam sistem keselamatan aktif, dan, mudah-mudahan, penurunan dramatis dalam cedera dan kematian di jalan raya kita," ucap Taub.