Thursday 29 December 2011

New Suzuki pesaing Avanza & Xenia !











Pada tahun 2012 Perusahaan otomotif Indomobil berencana untuk meluncurkan sebuah MPV Suzuki baru di Indonesia. MPV produk global Suzuki ini sendiri baru akan melakukan debut dunianya di India Auto Expo 2011 di New Delhi pada Januari tahun depan.
Low-MPV yang diberi nama Suzuki Ertiga ini adalah kendaraan dengan kapasitas 7 penumpang. Itu artinya, jika diluncurkan di Indonesia nanti, ia akan berhadapan langsung dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.
Suzuki Ertiga dibuat berdasarkan Suzuki R3 Concept yang riset dan pengembangannya dilakukan oleh Maruti Suzuki India Limited (MSIL) dan mobil ini akan masuk ke Indonesia secara CKD (completely knock down).Jika menyimak desain mobil konsepnya, Ertiga memiliki desain yang sangat kompak namun dengan ruang kabin yang lebih lapang dibanding pesaing utamanya. Pihak Suzuki sendiri masih enggan untuk merilis rincian teknisnya secara lengkap sehingga kita hanya bisa menerka-nerka.
Kabarnya, untuk pasar domestik India, Suzuki Ertiga akan ditawarkan dalam dua pilihan varian mesin yaitu bensin dan diesel. Untuk varian mesin bensin memiliki kapasitas 1.4 liter dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 95 hp dan kekuatan puntir 128 Nm.
Sementara untuk varian diesel akan mengusung mesin berkapasitas 1.3 liter yang sumbernya berasal dari Fiat Multijet Diesel. Sedangkan waktu peluncurannya di Indonesia bisa dipastikan selambatnya berbarengan dengan gelaran Indonesia International Motor Show 2012, bahkan bisa lebih cepat lagi.
Dalam urusan banderol harga sepertinya Suzuki Ertiga tidak akan memiliki selisih jauh dengan pesaing utamanya yaitu Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia.Sumber : Berita prima.com