Monday 6 August 2012

Jaguar C-X75 : Mobil Hybrid yang bisa melaju 321 Km/jam

img
Jaguar C-X75

London - Siapa bilang mobil hybrid tidak bisa berlari kencang? Insinyur Jaguar terus memfinalisasi supercar hybrid C-X75 yang bisa menembus 321 km per jam.
Mobil baru buatan Inggris ini diyakini bisa berakselerasi dari 0-100 km per jam kurang dari 3 detik.
Dilansir Autocar, Jaguar C-X75 bisa berlari sekencang itu berkat mesin 1.6 liter yang dilengkapi dengan baik turbocharger dan supercharger untuk menghasilkan tenaga sampai 500 bhp.

Mesin ini akan dikawinkan dengan 2 motor listrik yang terletak di gardan depan dan belakang.


Sementara untuk mode listrik, berkat baterai 600V seberat 200 kg yang merupakan komponen terberat dari mobil, C-X75 diperkirakan bisa melaju sampai 60 km, dan bisa berlari dari 0-100 km per jam dalam 6 detik tanpa menggunakan mesin bensinnya.


Dengan tahap pengembangannya kendaraan ini diprediksi akan dilepas pada kisaran 700.000 sampai 900.000 poundsterling di Eropa saja.



Jaguar Ramah Lingkungan
img
Goodwood - Mobil yang bertenaga sporty pasti boros bahan bakar. Itulah anggapan yang selama ini dipegang banyak orang. Jaguar pun ingin mematahkannya dengan memperlihatkan Jaguar XJ versi hybrid.

Jaguar XJ_e plug-in hybrid yang dirancang bersama dengan pemerintah Inggris melalui British Government Technology Strategy Board tersebut baru saja diperlihatkan pekan ini di Goodwood.

Jantung mobil ini dimotori oleh mesin bensin turbocharged berkapasitas 2.0 liter yang bertenaga khas Jaguar. Mesin tersebut lalu dikawinkan dengan motor listrik berkekuatan 93 hp yang pada akhirnya membuat total output mobil ini menjadi sekitar 330 hp.

Meski diklaim sudah ramah lingkungan, 'Jaguar hijau' tersebut ternyata juga masih memiliki kemampuan prima. Soalnya, untuk berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam saja mobil ini mampu melahapnya dalam waktu 6,5 detik.

Bila masih punya nyali, mobil ini pun dapat terus dipacu hingga mencapai topspeed 250 km/jam.

Namun, meski mampu berlari kencang, efisiensi bahan bakar mobil ini ternyata masih sanggup mencapai angka 31,1 km/liter dengan rating emisi CO2 hanya 75 g/km.

Mobil ini juga mampu memaksimalkan motor listrik yang digendongnya untuk berjalan sejauh 40 km.