Wednesday 15 August 2012

Nissan Boyong Mobil Listrik LEAF ke Indonesia

img
Jakarta - Seperti tidak mau ketinggalan dengan penggagas mobil listrik nasional, akhirnya mobil listrik Nissan yakni Nissan LEAF akan muncul di Indonesia. Apakah akan diluncurkan resmi?

"IIMS (Indonesia International Motor Show) nanti ada LEAF, belum diluncurkan," kata Vice President Director Sales dan Marketing PT Nissan Motor Indonesia Teddy Irawan kepada detikOto di kantornya, Jalan MT Haryono, Jakarta.

Menurut Teddy kehadiran LEAF di Indonesia baru sebatas edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai keunggulan mobil listrik tersebut.

Selain itu memberikan pengertian betapa efektifnya LEAF dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan mengutakan lingkungan yang bersih.

Nissan LEAF pertama kali dikenalkan di Jepang pada 2009 dan dipasarkan untuk umum setahun kemudian. Harganya saat peluncuran mencapai Rp 300 jutaan.

Baterai LEAF memiliki kapasitas 24 kWh dengan daya maksimum lebih dari 90 kWh.

Baterai ini ditempatkan di tengah bodi mobil sehingga membuat LEAF seimbang dan memiliki pusat gravitasi yang rendah. Titik pusat gravitasi yang rendah membuat mobil nyaman untuk dibawa belok.

Bagaima soal motor listriknya? Motor listrik Nissan LEAF menghasilkan daya 80kW dengan torsi maksimum 280 Nm. Dengan daya segini, akselerasi LEAF pada kecepatan rendah sampai kecepatan sedang sama dengan mobil bensin yang memiliki kapasitas mesin 3.000 cc!

Ketika mobil dinyalakan bakal ada bunyi khusus, beda tentunya dengan mobil biasa yang mengeluarkan bunyi derungan mesin. Pengguna LEAF pun bisa memilih 3 suara yang berbeda.

Namun ketika dipacu kecepatannya memang tidak bisa melebihi 145 km per jam. Tapi untuk ukuran mobil listrik tetap saja, LEAF cukup jago.

Beralih ke bagian eksterior, LEAF mengusung desain smart fluidity. Minus mesin bensin, LEAF tidak perlu lagi pusing dengan desain grill radiator. Cukup desain sederhana saja di bagian depan.

Selain itu untuk membantu tambahan tenaga, sebuah modul sel surya dipasang pada LEAF varian G. Tapi sel surya ini digunakan sebagai pendukung untuk sistem navigasi dan untuk perangkat di interior saja, tidak mendukung untuk menggerakkan mobil.



Sementara interiornya menggunakan warna-warna cerah dan menyegarkan yang menyimbolkan sebuah mobil listrik.

Ramah lingkungan juga bisa terlihat pada joknya. Joknya menggunakan hasil daur ulang dari botol plastik bekas. Hasil daur ulang plastik ini memberikan tekstur jok seperti bahan suede.

Interior yang canggih bisa terlihat pada Multi information display, dan pada tongkat transmisi yang mirip tetikus untuk komputer.

Berikut fitur lain yang terdapat di mobil LEAF:

  • Auto light system (linked wipers, dawn sensors)
  • Rear windshield wiper
  • LED High-Mount Stop Lamp
  • VDC (Vehicle Dynamics Control) (TCS functionality included)
  • ABS (Anti-lock Braking System)
  • EBD (Electronic Brake force Distribution)
  • High-strength body construction (Zone Body)
  • Body construction for pedestrian protection
  • SRS air bag system for driver and front passenger
  • SRS side air bag system for driver and front passenger
  • SRS curtain air bag system
  • 2-stage load limiter equipped double pretensioner seatbelt for driver
  • 2-stage load limiter equipped pretensioner seatbelt for front passenger
  • Emergency Locking Retractor (ELR) 3-point seatbelts for all seats
  • Achieving Recoverability Rate 99%