Sunday 5 August 2012

Tips : Mencegah kecelakaan Disebabkan Ban

img

Karawang - Kata orang lebih baik mencegah ketimbang mengobati. Anjuran kesehatan bagi manusia itu juga berlaku bagi mobil. Khususnya ban mobil Anda. Ban merupakan komponen penting di mobil.
Tak rajin merawat ban, ancaman pun datang. Itu yang ingin diingatkan Bridgestone dalam Tire Safety Campaign untuk yang keempat kalinya di Rest Area KM 57 Tol Cikampek mulai dari 7 Juli sampai 15 Juli 2012.

"Sudah menjadi bukan hanya kegiatan tahunan kami tapi pada saat yang sama juga telah menjadi standar komitmen sehari-hari kami untuk menyuarakan betapa pentingnya merawat ban. Kami mengharapkan lebih banyak lagi pengendara yang peduli terhadap keselamatan mereka dan menjadikannya prioritas utama kapanpun mereka berkendara. Perlu diingat bahwa anggota keluarga yang lain masih menunggu Anda di rumah," ujar Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia Junichi Kumano.


Dalam Tire Safety Campaign tahun ini, Bridgestone memberikan tips seputar langkah preventif terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh pecah ban dengan selalu memastikan kondisi ban masih baik sebelum berangkat.


Di samping itu pengemudi wajib mengenali bentuk dan jenis ban berikut kode-kode ban baik dalam masa pemakaian atau ketika akan membeli ban.


"Tentunya bila pemahaman tentang pentingnya merawat dan mengecek ban kendaraan telah tersebar di masyarakat, sedikitnya akan menyelamatkan nyawa yang melayang akibat kecelakaan lalu lintas," ujarnya.


Kampanye Keselamatan Ban (Tire Safety Campaign) menekankan pada langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan para pengendara roda empat atau lebih untuk memastikan bahwa ban kendaraan mereka berada dalam keadaan layak pakai.


Tekanan angin/udara yang tidak sesuai pada ban dapat menyebabkan beragam masalah – mulai dari kepincangan dan keausan ban, hingga kerusakan struktur ban. 


Ban yang kurang angin/udara juga dapat mempengaruhi kinerja ban yang dapat menyebabkan kecelakaan dan membuat boros bahan bakar. 


Memeriksa tekanan angin/udara sesuai standar kendaraan masing-masing serta cek fisik kembangan/tapak ban adalah salah satu cara paling penting dan mudah dari cara merawat ban.


"Hanya butuh waktu sebentar untuk melakukannya dan menggunakan peralatan sangat sederhana. Para pengendara dapat melakukannya sendiri, atau staf berpengalaman kami di ritel outlet Bridgestone Authorized Toko Model (TOMO) dapat membantunya," tambahnya.


Bridgestone menganjurkan para pengendara roda empat atau lebih untuk memeriksa tekanan angin/udara pada ban sekurang-kurangnya sebulan sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh. 


Sesuaikan tekanan angin/udara sebagaimana yang tertera di balik pintu mobil atau buku manual, bukan batas maksimum yang tertera di samping atas ban.


Selain tekanan udara yang sesuai, menurut Kumano, cara lain yang dapat dilakukan oleh konsumen untuk menghemat bahan bakar adalah dengan memilih ban terbaru Bridgestone Ecopia.(oto.detik.com)