Saturday 22 December 2012

Tips :Menangani Mobil di Saat Kritis




Jika anda bersantai saat akhir pekan keluar kota, tiba tiba Pendingin AC mobil anda mati sehingga terasa panas didalam mobil atau ada kerusakan lainnya sehingga mengganggu perjalanan anda. Apa yang perlu dilakukan ? membuka baju agar tidak kepanasan seperti gambar ini atau melakukan tindakan yang lain ? berikut ini tips untuk menanganinya.




1. Jika tiba-tiba indikator suhu mesin terus naik saat mobil berjalan, segera menepi dan periksa apakah terdapat kebocoran pada radiator atau tali kipas kendur. Untuk mengurangi panas yang terjadi, matikan AC dan nyalakan pemanas kabin hingga maksimum untuk memindahkan panas dari kompartemen mesin.

2. Untuk menambal kisi radiator yang bocor, dapat digunakan putih telur yang dimasukan ke dalam radiator, atau sabun batangan yang dioleskan pada kisi yang bocor. Sebelumnya, biarkan air mengalir hingga kisi menjadi kering.

3. Bila Anda menginjak pedal rem dan rem terasa 'blong', maka periksa tabung minyak rem dan tambahkan jika kurang. Anda juga dapat mengganti minyak rem dengan teh kental jika lupa membawa minyak rem cadangan. Larutkan 2-3 bungkus teh celup dalam gelas kecil. Tuangkan ke dalam tabung rem (booster).

4. Salah satu masalah yang sering timbul, yaitu tidak berfungsinya wiper saat hujan deras. Solusinya, gunakan shampo atau sabun colek untuk membersihkan kaca depan mobil. Kabut yang timbul di bagian dalam kaca juga dapat dihilangkan dengan menggunakan shampo.

5. Jika ada salah satu bagian kelistrikan yang tak berfungsi (misalnya, lampu atau klakson) karena sekering (fuse) putus, Anda bisa menggantinya dengan sekering cadangan atau memperbaikinya sementara. Gunakan sehelai serabut kabel untuk menyambungkan kedua kutub sekering dan pasang kembali pada tempatnya.

6. Anda kesulitan memasang baut dan mur karena ulirnya yang rusak? Jangan khawatir, lilitkan benang jahit secara tipis dan merata pada ulir yang rusak.

7. Jika Anda sedang di daerah yang tidak menerima sinyal ponsel, dan perlu memanggil pertolongan, cobalah tekan 112. Ponsel akan mencari network yang ada untuk menyambungkan nomor darurat bagi Anda. Uniknya, nomor 112 dapat dipencet meski keypad terkunci. (Afz)


(Majalah Autocar Indonesia, Agustus 2012)